UPN Veteran Yogyakarta Gelar Festival Menuju Indonesia Emas

Gelaran Penutupan Festival
Suasana penutupan Festival (Gharba.com/doc.firman)

Gharba.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis (HIMAGRI) Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta kembali gelar acara yang bertajuk AGRISCO “Agribusiness Student Competition” dari tanggal 26-27 Oktober 2018 yang lalu.

Acara tersebut diikuti hampir seluruh Universitas sampai Perguruan Tinggi se Indonesia, di antaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Tanjungpura, Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Institut Pertanian Bogor dan UPN “Veteran” Yogyakarta sendiri.

Seluruh delegasi bertanding memperebutkan Piala Gubernur DIY dan uang pembinaan untuk juara I, Piala Bupati Sleman dan uang pembinaan untuk juara II serta Piala Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan uang pembinaan untuk pemenang best performance di setiap kategori lomba yang dikompetisikan.

Namun AGRISCO tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena di tahun ini acara AGRISCO disatukan dengan acara AGRIFEST (Agribusiness Festival) dalam sebuah rangkaian acara AGRISCIENTIVAL (Agribusiness Scientific and Festival).

“Kali ini acaranya berbeda dengan sebelumnya, acara sebelumnya tidak disatukan dengan AGRIFEST (Agribusiness Festival) dalam serangkaian acara (Agribusiness Scientific and Festival). Jadi lebih menarik dari sebelumnya lho,” ungkap ketua acara Bagas Kurniawan usai acara penutupan sedang berlangsung.

Rangkaian acara dimulai dari Opening Ceremony dan Technical Meeting yang diselenggarakan di Fakultas Pertanian pada tanggl 26 Oktober 2018. Keesokan harinya, para delegasi yang merupakan mahasiswa-mahasiswi terpilih dari seleksi sebelumnya bertanding dalam tiga kompetisi yang berbeda, yaitu Lomba Bisnis Plan Nasional, Lomba Esai dan Poster Nasional serta Lomba Debat Ilmiah Nasional.

Tema dalam serangkaian acara yang berlangsung dua hari tersebut bertajuk “Pertanian Tanah Air menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema besarnya memang banyak berkaitan dengan pemuda, sumbu pengharapan bagi cita-cita besar Indonesia tahun 2045, khususnya bidang pertanian,” ujar Bagas.

Gelaran Acara ini kemudian ditutup dengan meriah melalui sebuah festival bertajuk “Culture Night and Appreciation” pada malam hari tanggal 27 Oktober 2018.

Fakultas Pertanian diramaikan dengan bazaar makanan dan berbagai merchandise dari mahasiswa dan UMKM yang ada di Yogyakarta. Live music dari perwakilan setiap angkatan di Fakultas Pertanian juga menambah keramaian acara pada malam tersebut. Kemeriahan acara didukung dengan dibagikannya hadiah kepada para pemenang. Penampilan music tradisional angklung memperkuat tema budaya yang diangkat pada malam itu. Ditutup dengan closing statement yang dilanjutkan dengan DJ performance.

“Kami sangat bersyukur acara AGRISCIENTIVAL 2018 HIMAGRI UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil diselenggarakan dengan baik melalui berbagai persiapan yang sudah dilakukan segenap panitia sejak jauh-jauh hari. Semoga acara yang positif ini dapat terus dilaksanakan dari tahun ke tahun dengan konsep dan rangkaian acara yang lebih menarik lagi. Sukses untuk HIMAGRI Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta,” pungkasnya. (Wer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here