Turki Mengaku Memiliki Bukti Pembunuhan Jamal Khashoggi; Trump Ancam Hukum Berat Kepada Pelaku

Turki Mengaku Memiliki Bukti Pembunuhan Jamal Khashoggi; Trump Ancam Hukum Berat Kepada Pelaku
Turki mengaku memiliki bukti pembunuhan Jamal Khashoggi. Donald Trump ancam hukum berat kepada pelaku jika memang benar adalah Arab Saudi (gharba.com/Cnn.doc)

Gharba.com – Donald Trump, Presiden Amerika Serikat tersebut berjanji bersama pemerintahannya akan mencari dalang kasus hilangnya jurnalis Washington Post sampai ke akar-akarnya.

Tidak hanya itu, Trump juga akan memberikan hukuman yang berat kalau jelas Jamal Khashoggi terbunuh seperti yang dituduhkan Turki kepada Arab Saudi.

Trump pun menambahkan bahwa dirinya beserta pemerintahannya sangat perihatin kalau memang dalang atas kejadian tersebut adalah Arab Saudi

“Pada saat ini, mereka membantahnya, dan mereka menolaknya dengan keras. Mungkin kah itu mereka? Ya,” kata Trump, dikutip dari CNN.

Khashoggi yang merupakan jurnalis Washington Post dan mantan pegawai Pemerintah Arab Saudi sebelumnya dikabarkan menghilang usai mengunjungi konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Awalnya Khashoggi sempat diketahui mengunjungi Konsulat Saudi untuk mendapatkan informasi mengenai dokumen yang memungkinkan dirinya dapat menikahi tunangannya yang merupakan warga Negara Turki.

Seperti kabar yang dilansir oleh CNN melalui informasi yang digali dari seorang sumber yang memang dekat dengan kasus tersebut pada Jumat (12/10) kemarin mengungkapkan fakta bahwa hari ini pihak Turki mengaku memiliki bukti video dan audio yang menunjukkan Khashoggi dibunuh di dalam konsulat Saudi tersebut.

Bahkan bukti tersebut disebut menggambarkan adanya pergulatan di dalam gedung konsulat. Selain itu, ada yang mengatakan melalui bukti tersebut, Khashoggi jelas dibunuh.

Si sumber mengatakan pihak intelijen asing menemukan sifat bukti tersebut, yang dikatakan oleh pejabat Pemerintah Turki sebagai “mengejutkan dan menjijikkan.”

Di sisi lain dilansir dari CNN di Ruang Oval di Gedung Putih, Trump mengatakan “kami akan segera melihatnya segera” kala ditanya wartawan sudahkah dirinya melihat bukti tersebut.

Saudi bersikeras Khashoggi memasuki konsulat untuk mengurus dokumen pernikahannya. Mereka juga bilang Khashoggi sudah meninggalkan gedung konsulat dengan aman tetapi belum memberikan bukti visual tentang peristiwa itu.

Akan tetapi, berdasarkan dari rekaman CCTV yang tersebar luas, tunangan Jamal Khasshogi, Hatice Cengiz terekam menunggu jurnalis tersebut di luar konsulat. Pun Cengiz mengatakan bahwa dirinya tak melihat kekasihnya itu muncul lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here