SERENTAK; 41 DPRD KOTA MALANG TERSANGKA KORUPSI

SERENTAK; 41 DPRD KOTA MALANG TERSANGKA KORUPSI
Awalnya ada 19 anggota yang tersangka, yang kedua 22 Anggota DPRD yang tersangka. kini, sudah ada 41 Anggota DPRD yang di nyatakan tersangka korupsi. (foto by; net)

Gharba.com – Sistem demokrasi di Indonesia memang mempunyai posisi yang setrategis dalam kebutuhan masyarakat. Akan tetapi demokrasi itu harus benar-benar digunakan sebaik mungkin untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, bukan malah di gunakan untuk kepentingan kelompok mayoritas.

Seperti halnya sekelompok legislatif DPRD Kota Malang yang tertangkap basah tengah melakukan penyelewengan wewenang. Awalnya ada 19 anggota yang tersangka, yang kedua 22 Anggota DPRD  yang tersangka. kini, sudah ada 41 Anggota DPRD yang di nyatakan tersangka korupsi.

Lucius Karus selaku Peneliti Forum Masyarakat Peduli Perlemen Indonesia (Formappi) menuturkan, dugaan korupsi yang dilakukan secara bersama oleh Anggota DPRD Kota Malang merupakan tragedi. bagi demokrasi di Indonesia.

“Tentu saja tragedi di Malang menjadi luar biasa, karena dari sisi manapun sulit rasanya memahami bagaimana sekolompok birokrasi secara sekelompak terjebak dalam permainan kotor itu. bagaimana bisa hampir semua legislatif mempunyai sikap yang sama-sama sikap buruk,”ujar Lucius pada Selasa (4-9-2018).

Lucius berpendapat, bukan prilaku para koruptor kalau seandinya bersamaan, akan tetapi itu adalah bentuk suatu sisitem demokrasi yang di salah gunakan oleh segenap birokrasi. karena dalam konteks demokrasi saat ini hanya di maknai secara prosedural dan prakmatis saja tanpa memahami sistem demokrasi yang sebenarnya.

“Praktek korupsi berjemaah seperti di Malang ini nampaknya bukan hanya menginginkan kemewahan pada oknum legislatif saja. saya melihatnya sebagai efek dari budaya, persekongkolan jahat yang secara sistematis dipelihara dari waktu kewaktu,”kata Lucius.

Kasus korupsi DPRD Kota Malang mempunyai 3 penyelidikan, yang pertama menetapkan 19 tersangsa, dan yang ke dua menetapan 22 anggota, dan yang ketiga menetapkan 41 Anggota DPRD Kota Malang sebagai tersanga korupsi. dari 45 Anggota DPRD Kota Malang. (Maulidiya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here