Sandiaga Ingatkan Penyelenggara Pemilu Harus Netral

Sandiaga Ingatkan Penyelenggara Pemilu Harus Netral
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Gharba.com/dok.net)

Menjelang hari-hari rawan pilpres 2019, calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta agar penyelenggara pemilu dan perangkat desa netral di Pilpres 2019.

Dari tahun ke tahun penyelenggaraan pemilu baik tingkat lokal maupun nasional selalu ada kasak-kusuk di belakang layar. Kemungkinan-kemungkinan seperti itu yang kerap Sandiaga ingatkan pada penyelenggara agar mereka menduduki porsinya dengan profesional.

Sandiaga merasa saat ini pun seolah ada narasi yang menunjukkan penyelenggara pemilu dan perangkat desa mendukung pemerintahan sekarang.

“Kita harus patikan pengelenggara pemilu ini, terutama perangkat desa netral. Sekarang mulai banyak statement-statement kenetralan itu mulai perlahan-lahan dengan narasi baru harus mendukung pemerintahan sekarang,” ujar Sandiaga di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Sandiaga mengaku khawatir dengan sikap penyelenggara pemilu dan perangkat desa jika tidak netral dalam menjalankan tugasnya. Demokrasi akan bengkak, dan kompetensi hanya jadi ilustrasi semata.

Karena itu, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengimbau para penyelenggara pemilu dan perangkat desa untuk bersikap netral demi penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

“(Kami) khawatir bahwa netralitas yang diharap dijunjung tinggi oleh penyelenggara itu dan perangkat desa ini juga jadi sorotan. Kita kembalikan pemilu yang jurdil (jujur dan adil). Kembalikan kepercayaan masyarakat,” lanjut Sandiaga.

Pekan lalu Sandiaga dan anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais, juga menuntut KPU danBawaslu selaku penyelenggara pemilu harus bersikap netral.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here