Salut! WNI Amerika Serikat Sudah Antri Sebelum TPS Di Buka, Ayi; Saya Berjalan Sekitar 72 Mil

Salut! WNI Amerika Serikat Sudah Antri Sebelum TPS Di Buka, Ayi; Saya Berjalan Sekitar 72 Mil
(Foto:gharba.com/dok.net)

Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Washington DC, Amerika Serikat sudah menggunakan hak pilihnya sejak 13 April yang lalu. Saat pemilu berlangsung sangat mulus, bahkan WNI sudah nampak hadir ketika Tempat Pemungutan Suara (TPS) belum di buka.

TPS tersebut bertempat di Wisma Duta. Lebih dari 900 pemilih mengikuti pemungutan suara di Washington DC, itu masih belum seberapa karena masih mau ditambah dengan ratusan pemilih yang menyalurkan hak pilihnya melalu pos.

Pencomblosan itu berlangsung pada pukul 10.00 waktu setempat, akan tetapi WNI yang akan mencoblos sudah ada di tempat sudah sejam yang lalu. Mereka mempunya beberapa alasan kenapa hadir lebih dahulu, diantaranya adalah menghindari antrian dan sudah tidak sabar ingin mencoblos.

“Kurang sreg rasanya kalau tidak mencoblos langsung dan tidak merasakan suasananya,” kata seorang WNI bernama Tuty, yang ikut mencoblos Wisma Indonesia, pada Senin (15/4).

Dunia mencetak sejarah baru pada pemilu 2019 ini karena banyak antusiasme masyarakat yang ingin nyoblos dan banyak calon legislatif, Provinsi atau kota, maupun daerah itu mencapai sekitar 20.000 kursi, dari perkiraan tetal 250.000 calon. Itu kursi yang sangat banyak dan tentu sangat besar.

“Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita. Ini bukti bahwa Indonesia akan menjadi tolak ukur bagi seluruh dunia untuk menjalankan demokrasi yang benar,” kata Dubes RI untuk Amerika Serikat, Mahendra.

“Pemilu kali ini begitu meriah, semua semua orang beramai-ramai berkumpul, terasa betul seperti pesta demokrasi. Ini mengingatkan saya pada nuansa kebersamaan hari-hari besar di Indonesia,” ujar Ayi, seorang WNI yang rela berjalan sejauh 72 mil dari Aberdeen, Malyland.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here