Responden LSI Denny JA: Fakta 90,5% Kendaran Politik Gatot Nurmantyo Tidak Diketahui Publik

Responden LSI Denny JA: Fakta 90,5% Publik Belum Bisa Menjawab Ditanya Soal Kendaran Politik Gatot Nurmantyo
Gatot Normantyo, Foto;gahrba.com/doc.net

JAKARTA, Gharba.com – Responden LSI Denny JA sampai hari ini masih mengasosiasikan Joko Widodo dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Prabowo Subianto dengan Partai Gerindra. Pasalnya sejak semula kedua partai politik tersebut memang pengusung utama kandidat Paslon Pilpres 2019 mendatang itu. Lalu bagaimana dengan Gatot Nurmantyo?

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mendapatkan fakta dari 1200 responden melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang diselenggarakan dari 28 April hingga 5 Mei 2018, melalui metode multistage random sampling dengan margin of eror sekitar 2,9 persen.

Fakta tersebut dapat ditelusuri melalui pertanyaan yang diajukan kepada responden, ‘Menurut ibu/bapak, partai mana yang mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden?’. Survei tersebut tuai hasil bahwa 65,0% responden menjawab PDIP, gabungan partai lain 20,0% dan 15,0% sisanya tidak menjawab. Pertanyaan yang sama juga bagi Prabowo, hasilnya 80,9% responden menjawab Partai Gerindra, 5,3% partai gabungan dan 13,8% tidak menjawab.

“Ketika isu capres Prabowo menghangat, asosiasi ini yang menaikkan dukungan untuk Gerindra,” kata LSI Denny JA dikutip dari data surveinya, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto, Survei  LSI Denny JA juga menempatkan Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden lainnya. Responden kemudian diajukan sebuah pertanyaan sama,  hasilnya 9,5% responden menjawab gabungan partai politik dan 90,5% menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Dengan kata lain, sampai hari ini masyarakat belum mengetahui partai partai politik mana yang mengusung dan berharap banyak kepada Gatot Nurmantyo untuk duduk bersanding dengan keduanya sebagai calon presiden 2019 mendatang.

Survei LSI Denny JA ini tidak hanya berhenti di situ saja, melainkan juga mengajukan pertanyaan lain, ‘Jika partai mencalonkan Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden, partai mana yang akan ibu/bapak pilih dalam pemili legislatif 2019?‘. Ternyata faktanya mengejutkan, sebanyak 16,50% menjawab Partai Demokrat dan 15,80% menjawab PKB.

Denny JA selaku pendiri Lingkaran Survei Indonesia meyakini bahwa elektabilitas Gatot Nurmantyo akan mendongkrak posisi kedua partai yang dinilai oleh responden pantas untuk mengusung Gatot sebagai Paslon Pilpres.

“Dengan mencalonkan Gatot, Demokrat dan PKB akan terdongkrak posisi partainya,” kata LSI Denny JA. (Ih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here