Presiden Jokowi Melantik Tiga Gubernur Bersamaan, Ini Dia Faktanya

Presiden Jokowi Melantik Tiga Gubernur Bersamaan, Ini Dia Faktanya
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Gubernur Jambi, di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (13/2/2019). (Foto: Gharba.com/dok.net)

Gharba.com, Jakarta – Menjelang akhir periode, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil melantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistianto Dardak. Dan juga melantik Gubernur Jambi Fachrori Umar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2).

Pelantikan Khofifah-Emil Dardak serta Fachrori tersebut berdasarkan keputusan Presiden Nomor 2/P Tahun 2019 dan keputusan Presiden Nomor 16/P Tahun 2019. Setelah itu Jokowi langsung menanyakan kesiapannya sebelum di ambil sumpah sucinya.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, apakah saudara-saudara, siap untuk di ambil sumpahnya sesuai dengan agama islam,”? Kata Jokowi. ‘Bersedia’ ujar dari tiga orang itu.

Setelah itu, Jokowi langsung menyuruh dari tiga orang itu untuk mengikuti Jokowi membacakan sumpah tersebut.


“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar RI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang di ikuti mereka bertiga.

Turut hadir dalam pelantikan ini para Menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Kemudian Ketua Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Mahkama Agung Hatta Ali, Jaksa Agung M. Prasetyo, Wakapolri Komisaris Jendral Ari Dono, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang.

Tampak hadir juga Ketua Umum PPP Romahurmuzy, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, serta Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (RF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here