Pembagian Sertifakat Tanah, Jokowi; Saya Tidak Peduli Orang Bilang Seperti Apa

Pembagian Sertifakat Tanah, Jokowi; Saya Tidak Peduli Orang Bilang Seperti Apa
Joko Widodo saat di pasar Minggu, Jakarta, Jum’at (22/2).(Foto: Gharba.com/dok.net)

Gharba.com, Jakarta – Orang Nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi terus akan melanjutkan program pembagian Sertifakat Tanah kepada masyarakat. Meskipun Calon Presiden Nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan kalau program itu tidak terlalu penting, namun hal itu tidak mendapat respon apa-apa dari pak Jokowi.

“Kalau ada orang yang mengatakan bagi-bagisertifikat tanah nggak ada gunanya, ya silahkan ngomong seperti itu, tapi tetap program ini akan kita lanjutkan,” ujarnya saat membagikan 3.000 sertifikat tanah di Gelanggang Remaja Pasar Minggu Jakarta, Jum’at (22/2).

Mantan Dirjen Kopasus itu menyebutkan bahwa program pembagian sertifikat tanah itu hanya menari satu dua generasi saja. Hal tersebut dikatan saat debat kedua Capres kemarin.

Akan tetapi Jokowi kembali menegaskan, program tersebut sangat signifikan. Berdasarkan pengalamanya keliling daerah, sengketa lahan terjadi dimana-mana.

Bahkan, menurutnya, dari sekitar 126 juta hektare lahan, hingga 2015 lalu baru 46 juta hektare saja yang sudah memiliki sertifikat. Sementara 80 hektare lainya masih belum memegang bukti hukum.

Di sisi lain, proses pensertifikatan tanah pertahunya hanya 500 ribu.oleh karenanya, dia pun mempercepat program tersebut. “Kalau sebelumya hanya 500 ribu per tahun, maka harus nunggu 150 tahun baru selesai,” imbuhnya.

Pembagian sertifikat tanah terhadap masyarakat merupakan tindakan yang sangat bagus dari pemerintah terhadap masyarakat. Sejatinya masyarakat harus mendapakat haknya demi tercapainya kesejahtera hidup. (RF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here