Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Banyumas Perkuat Kebutuhan Pangan

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Banyumas Perkuat Kebutuhan Pangan
Gudang penyimpanan Beras Bulog di Banyumas yang siap didistribusikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Foto;gharba.com/doc.net

BANYUMAS, Gharba.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, banyak kebutuhan yang harus di persiapka oleh masyarakat, khusunya kebutuhan pokok yang diantaranya adalah Beras, daging dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan kali ini, Sub Drivre Banyumas segera melakukan gerakan pemenuhan kebutuhan pangan. Saat ini, sudah menyiapkan stok beras medium sebanyak 11 ribu ton, dan 3,200 kilogram (kg) daging berbau beku.

“Stok beras dan daging kerbau untuk mempersiapkan kebutuhan pangan, khususnya menjelang Ramadhan dan lebaran,” Kata Kepala Bulog Sub Divre Banyumas, Sony Supriyadi, Rabu (9/5/2018) kemarin.

Ia menjelaskan stok beras sebanyak 11 ribu ton mampu mencukupi kebutuhan pangan di empat Kabupaten di eks karesidenan Banyumas, Yakni, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Selain stok beras Bulog, di sejumlah petani dan pedangan juga masih banyak tersimpan, karena beberapa waktu lalu petani baru panen, bahkan saat ini masih ada petani yang masih panen.

Meskipun begitu untuk mengatisipasi kemungkinan adanya lonjakan harga, terkait banyaknya permintaan, Bulog akan berjualan beras dan daging di sejumlah pasar. Penjualan itu di lakukan jika memang sudah di perlukan atau adanya kenaikan harga beras di pasaran yang dinilai tidak wajar.

“Langkah lain yang di lakukan Bulog bekerjasama dengan rumah pangan kita (RPK) yang ada di sejumlah Desa atau kelurahan yang merupakan mitra Bulog melakukan penjualan sembako,”tambah Sony Supriady.

Untuk stok daging kerbau yang dijualnya per Kg Rp 80 ribu, masih ada stok 3,200 Kg. Namun jika masih kurang Bulog bisa menambah lagi. Bulog juga melakukan kerjasama dengan perusahaan pedagang Indonesia melalui agennya untuk menjual bahan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dari hasil pantauan tersebut bisa di simpulkan bahwa harga beras medium di Banyumas saat ini berkisaran Rp 9 ribu hingga Rp 9,500 per Kg. Harga beras sebanyak itu, sisa stok beras di petani masih mencukupi, karena baru beberapa waktu lalu petani baru panen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here