Mahfud MD; Golput Boleh Tapi Jagan Mengajak Orang Lain

Mahfud MD; Golput Boleh Tapi Jagan Mengajak Orang Lain
Prof. Dr. Mahfud MD (tengah), Pak Malik Madani (samping kanan) dan pra dosen-dosen Instika dalam acara bincang kebangsaan. (Foto:Gharba.com/doc.net)

Gharba.com, Sumenep – Mantan Ketua Mahkama Konstitusi, Mahfud MD menilai bahwa, golput hari ini boleh di lakukan oleh salah perseorangan, akan tetapi tidak boleh dan sudah jelas dalam Undang-undang untuk mengajak orang lain untuk juga ikut golput.

“Kalau menyerukan orang lain untuk golput itu tidak boleh. Itu melanggar. Ada undang-undang yang melarang. Itu masuk kategori menghalang-halangi,” kata Mahfud MD di Sumenep, Madura, Rabu (6/2) kemarin.

Itu sudah sudah jelas ada undang-undangnya. Dan lagi, Negara Indonesia adalah negara demokrasi. “kalau bersikap golput itu sendiri boleh, itu hak pribadi,” lanjutnya.

Menjelang Pimilu tahun 2019 kali ini, banyak kalangan organisasi maupun kelompok yang mendeklarasikan golput. Maka dari itu pihak penyelenggara pemilu, mereka meningkatkan kampanye di media sosial untuk menekan angka golput.

“Kalau saya sendiri mengajak anda untuk memilih, kalau tidak memilih rugi,” ujar Mahfud MD.

Indonesia penuh dengan kebebasan dan toleran. Jadi jagan sampai untuk untuk membatasi kebebasan orang lain untuk menentukan pilihannya di Pilpres 2019 ini. Golput tidak jadi masalah, akan tetapi jagan mengajak orang lain untuk ngolput. Karena itu keselahan yang menghalangi orang untuk milih.(RF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here