Beranda Uncategorized Konsolidasi Pelatihan Jurnalis Bagi Warga dan Penggunaan Aplikasi Mitra Gambut

Konsolidasi Pelatihan Jurnalis Bagi Warga dan Penggunaan Aplikasi Mitra Gambut

Konsolidasi
Konsolidasi Pelatihan Jurnalistik Warga dan Penggunaannya (gharba.com/doc)
Gharba.Com – Salah satu upaya dalam mengajak warga turut partisipatif terhadap agenda restorasi gambut ialah mengajak warga memanfaatkan aplikasi yang sebentar lagi akan diberikan pelatihan kepada warga desa Tebang Kacang kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat sebagai desa dampingan DPG Kemitraan 2018, Kamis, (11/10/2018).

Aplikasi tersebut telah dirancang pada pertengahan tahun 2018 oleh PME Kemitraan dan siap difungsikan sebagai instrument untuk mengupdate segala berita/informasi dalam kaitan dengan agenda restorasi gambut. Sehingga sirkulasi baik perkembangan, kebutuhan, kendala, dll dapat diketahui secara langsung tentu dalam konteks restorasi gambut.

Berkaitan dengan hal di atas, warga secara representatif akan dilatih mengenai tatacara membuat berita/informasi (jurnalis warga) lalu kemudian berita/informasi yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan jurnalis akan di update melalui aplikasi Mitra Gambut yang telah akan dilatih secara inten kepada warga.

Pelatihan jurnalis dan penggunaan aplikasi mitra gambut dilakukan pada akhir oktober 2018 minggu ketiga. Pada pelatihan tersebut warga akan dilatih secara intensif selama 8 jam dengan narasumber dari fasilitator desa Tebang Kacang sendiri.

Untuk memperlancar pelatihan diatas fasilitator DPG kemitraan sudah melakukan konsolidasi dengan kepala desa Tebang Kacang dan membentuk satuan panitia internal berjumlah 3 orang terdiri dari ketua panitia, wakil panitia 1 dan wakil panitia ll.

Panitia internal akan membantu fasilitator desa mengidentifikasi jaringan DPG di desa (kader), aparatur desa, pokmas terkait dengan catatan mereka yang memiliki kelengkapan gadget.
Panitia internal akan membantu fasilitator desa bekerja hingga pada kerjaan persiapan dan tehknis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here