Israel Mendapat kejutan Roket dari Jalur Gaza

Israel mendapat kejutan roket dari jalur gaza
Ilustration

Gharba.com – Kota Be’er Sheva Israel dihantam roket dari Jalur Gaza pada Rabu (17/10) pagi tadi. Peristiwa tersebut membuat kota Be’er Sheva rusak parah.

Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia, melalui pernyataan yang diungkapkan oleh tentara Israel bahwa roket yang meluncur dari Jalur Gaza tersebut terjadi pada pukul 04.00 waktu setempat. Warga berlarian mencari tempat perlindungan.

Sampai kabar ini beredar, belum jelas berapa warga Israel yang tewas akibat insiden tersebut.

Laporan AFP, tentara Israel lewat pernyataan “Kami akan melindungi warga sipil Israel,” mengindikasikan akan ada respons militer atas meluncurnya roket tersebut ke daerah mereka.

Sejumlah media lokal melaporkan bahwa roket itu jatuh di taman salah satu rumah yang menaungi sebuah keluarga dengan anak tiga.

Bahkan setelah itu, menurut laporan tentara Israel bahwa ada satu lagi roket ditembakkan, namun jatuh di laut.

Hingga saat ini, masih belum jelas pihak yang melontarkan proyektil tersebut. Namun, Israel menuding dalang di balik insiden itu adalah Hamas, kelompok penguasa di Jalur Gaza.

Ada pihak mensinyalir bahwa insiden ini terjadi akibat ketegangan yang kian memuncak di perbatasan Israel dan Jalur Gaza setelah warga Palestina menggelar aksi protes rutin sejak 30 Maret lalu.

Setiap Jumat, warga Palestina menggelar aksi besar-besaran agar para pengungsi dapat kembali ke kampung halaman nenek moyang mereka yang kini sudah menjadi wilayah kekuasaan Israel.

Demonstran kerap membakar ban dan melempari batu ke pagar pembatas, di mana tentara Israel bersiaga. Tentara Israel tak segan melepaskan tembakan jika ada demonstran yang mendekati pagar perbatasan.

Hingga kini, setidaknya 186 warga Palestina tewas akibat bentrokan ini. Dalam periode yang sama, satu prajurit Israel juga tewas di tangan penembak jitu Palestina.

Gelombang demonstrasi terbaru ini terjadi saat Hamas dirumorkan sedang mengupayakan gencatan senjata dengan Israel. Namun, pembicaraan mereka dilaporkan tersendat lantaran aksi protes yang kian panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here