Irvanto Hendra Sebut Nama-Nama Dewan yang Pernah Terima Kiriman Jutaan Dolar Dari Hasil e-KTP

Irvanto Hendra Sebut Nama-Nama Dewan yang Pernah Terima Kiriman Jutaan Dolar Dari Hasil e-KTP
irvanto Hendra saat menaiki mobil kpk.Gharba.com/doc.net

Gharba.com – Irvanto Hendra Pambudi Cahyo merupakan keponakan dari Setya Novanto, yang pada hari Selasa, (18/9) tengah menjalani persidangan  di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Dalam persidangan itu, Irvan mengaku pernah antar uang jutaan dolar AS dan dolar Singapura kepada sejumlah anggota DPR terkait proyek e-KTP.

“[Melchias] Mekkeng dan Markus [Nari] saya berikan SGD1 juta di ruangan Setya Novanto,” kata Irvanto.

Disamping itu, beberapa nama anggota DPR yang juga pernah dapat kiriman uang dari Irvan:

Kedua politikus Golkar, diantaranya Ade Komaruddin, sebesar USD700 ribu dan Agun Gunanjar sejumlah USD1,5 Juta sebanyak dua kali.

Hal yang sama juga terjadi kepada anggota dewan Chairuman, yakni pertama kepada anaknya sebesar USD500 ribu dan berikutnya langsung ke Chairuman sebesar USD1 juta di Hotel Mulia.

Tidak hanya itu, dia juga pernah menyerahkan uang kepada Jafar Hafsah USD100 ribu dan Nurhayati Assegaf USD100 ribu. ‘Total semuanya gabungan dolar Singapura dan Amerika ada 4,9 juta,” tegasnya.

Saat itu Irvan mengaku didampingi oleh Made Oka Masagung yang kemudian dibantah oleh Oka. Hingga kemudian, keduanya didakwa sebagai perantara pemberi imbalan korupsi proyek e-KTP.

Karena itu, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia (18/9/2018), keduanya sudah dianggap melanggar pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 UU Tipikor juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Meski keputusan itu diberikan sebagai imbalan hukum, namun keduanya tak mengajukan eksepsi atau nota keberatan terhadap Jaksa Hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here