Gunung Merapi Meletus, 120 Lebih Pendaki Terjebak di Lereng

Gunung Merapi Meletus, 120 Lebih Pendaki Terjebak di Lereng
Foto letusan Gunung Merapi yang sempat mengagetkan. Foto;gharb.com/doc.gry

YOGYAKARTA, Gharba.com – Pagi ini, tepat pukul 07.43 WIB Gunung Merapi yang tiba-tiba meletus, dan membuat warga resah, meski terpantau masih normal.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya 3 kilometer dari puncak kawah.

Sedang pihak PVMBG tidak menaikkan status Gunung Merapi karena masih terus melakukan pememantauan terkait perkembangan aktivitas vulkanik.

Bersama dengan aktivitas Gunung Merapi, ada sekitar 120 pendaki yang sedang melakukan pendakian di puncak Merapi. Bahkan seperti yang dilansir Liputan6.com, sebanyak 50 orang sedang berada di Puncak Merapi. Akan tetapi,

“Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki dan sudah mendekati Pasar Bubrah. Kondisinya semua selamat,” jelas Sutopo.

Bersama dengan itu, BPBD telah mendistribusikan masker lantaran hujan abu diperkirakan akan turun pada bagian selatan Merapi.

“Dilaporkan hujan abu vulkanik terjadi di Tugu Kaliurang Sleman Yogyakarta. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPPTKG PVMBG dan BPBD,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here