Fasilitator Desa DPG-BRG Gelar Revitalisasi Dengan Menyalurkan Bibit Unggul di Kalimantan Barat

Guna Integrasikan RKPdes 2019, Fasilitator Desa DPG Gelar Musyawarah Desa di Kalimantan Barat
Salah satu bibit komuditi yang akan ditanam sebagai bagian dari restorasi gambut oleh masyarakat Kalimantan Barat (foto: gharba.com/firman)

Gharba.com – Fasilitator Desa Peduli Gambut dan Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan revitalisasi dengan menyalurkan 1200 bibit sengon dan mahoni ke Desa Tebang Kacang, kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat pada Selasa (16/10/2018) kemarin.

Bibit tersebut merupakan hasil kerjasama yang dilakukan oleh kemitraan PMU Kalimantan dengan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kalimantan Barat. Proses distribusi bibit melibatkan pokmas setempat seperti Kelompok Masyarakat Peduli Gambut (KMPG).

Penyaluran bibit tersebut adalah bentuk dari salah satu tahapan restorasi gambut yang tercantum dalam buku besar desa peduli gambut-badan restorasi gambut (DPG-BRG) yaitu revitalisasi.

Melalui revitalisasi tersebut, hasilnya ke depan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomi serta pemulihan ekosistem gambut.

PemDes Tebang Kacang sendiri bangga dengan adanya bibit tersebut sehingga akan dilakukan penanaman dengan sefektif dan serelevan mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here