Fasdes DPG Kemitraan Integrasikan Program Restorasi Gambut Kedalam RKP 2019

Fasdes DPG Kemitraan Integrasikan Program Restorasi Gambut Kedalam RKP 2019
Foto bersama segenap perangkat RKPDes 2019. (foto: Gharba.com/doc. Solehuddin Assegaf)

Gharba.com – Musyawarah desa dalam bahasan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) adalah salah satu ruang bagi fasilitator desa untuk melakukan integrasi program DPG. Desa Tebang Kacang kecamatan Sungai Raya kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat melaksanakan musyarah desa RKPDes 2019.

Musdes melibatkan seluruh perangkat desa, BPD beserta jajaran, babinsa, TA PSD, PD, PlD dan beberapa pokmas terkait. Musyawarah tersebut dilaksanakan di aula kantor desa Tebang Kacang sendiri.

Konsep integrasi restorasi gambut kedalam sektor-sektor program desa adalah upaya melakukan target dan capaian sebagaimana ketentuan DPG Kemitraan. Tentunya ini adalah peran penting tenaga fasilitator.

Dalam musdes RKP 2019, terdapat beberapa item program yang telah diusulkan. Tentu, usulan dalam konteks restorasi gambut bisa menjadi penyambung dari berbagai desa. Berikut beberapa item usulan tersebut sebagai berikut:

1. Penyertaan modal bumdes berbasis restorasi gambut
2. Perawatan infrastruktur restorasi gambut diantaranya skat kanal dan sumor bor.
3. PeningkatanĀ  kapasitas MPA untuk mencegah karhutla dan penambahan perlengkapan pemadam kebakaran.
4. Bantuan bibit komuditas pertanian berbasis restorasi gambut untuk poktan dan kelompok tani demplot.

Usulan-usulan tersebut mendapatkan legitimasi dari seluruh peserta musdes bahkan kades sendiri. Karena dianggap sebagai upaya untuk memastikan suksesnya usulan tersebut hingga betul-betul masuk dalam APBDes. Karenanya, FasDes dalam hal ini berkomitmen mengawal semaksimal mungkin untuk tercapianya keinginan tersebut. (Salehuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here