Fasdes DPG-BRG: Warga Sangat Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Suasana Pelatihan Jurnalistik dan Sosialisasi Aplikasi mitra gambut (Gharba.com/doc.Firman)

Gharba.com – Fasilitator DPG-BRG Kemitraan adakan Pelatihan Jurnalistik dan Sosialisasi Aplikasi Mitra Gambut di Desan Tebang Kacang, Kacamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Sabtu (20/10/2018) kemarin.

Sebanyak 30 orang warga antusias mengikuti pelatihan terdiri terdiri dari tokoh aparatur desa, tokoh desa, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Fasdes DPG-BRG Kemitraan sebagai penyelenggara kegiatan sekaligus narasumber memberikan materi pelatihan dengan metode pembelajaran interaktif sehingga peserta dapat memahami materi dengan baik dan tidak ngantuk.

“Biar tidak ngantuk, jadinya pelatihan ini dibentuk lebih interaktif dan dialektis,” ungkap ketua penyelenggara, SY. Sholehuddin kepada wartawan.

Di samping itu, Sholehuddin menambhkan bahwa pelatihan yang memakan waktu hingga 9 jam tersebut memuat tiga materi khusus diantaranya materi BRG dan program DPG, materi jurnalisme warga, dan materi penggunaan aplikasi mitra gambut.

“Melalui materi-materi tersebut peserta diharapkan dapat mengimplememtasikan hasil pelatihan yang diikuti selama satu hari tentu sebagaimana harapan dan tujuan DPG BRG dan Kemitraan yaitu adanya partisipasi warga mengenai agenda restorasi gambut melalui aplikasi mitra gambut dengan metode dan konsep penulisan jurnalisme warga,” tegasnya.

Kepala Desa Tebang Kacang menegaskan bahwa adanya pelatihan ini bagian dari pemantik berkembangnya desa Tebang Kacang. Gambut menurutnya adalah kekayaan desa Tebang Kacang. Sehingga dengan demikian kades Tebang Kacang meminta peserta mengikuti pelatihan dengan baik hingga selesai.

“Kita itu memiliki kekayaan yang menguntungkan kalau betul-betul dikelola dengan serius. Kita dan warga harus serius memanfaatkan kekayaan ini. Dan saya sangat berterikasih kepada Fasdes DPG-BRG sudah bersedia memberikan ruang pelatihan kepada warga untuk lebih serius lagi mengelola gambut,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here