FasDes DPG-BRG Kemitraan Lakukan Penguatan Terhadap 3 Lembaga di Desa Tebang Kacang

FasDes DPG-BRG Kemitraan Lakukan Penguatan Terhadap 3 Lembaga di Desa Tebang Kacang
Musyawarah mufakat yang dilakukan FasDes dan beberapa jajarannya. (Foto:gharba.com/doc/Fr)

Gharba.com – Fasilitator Desa (FasDes) DPG BRG desa Tebang Kacang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat melakukan pembentukan dan penguatan kelompok masyarakat (Pokmas) terhadap tiga lembaga Rabu, 31 Oktober 2018.

Musyawarah pembentukan tersebut dihadiri oleh Pemdes, kadus-kadus, Ketua BPD dan Pokmas terkait, selanjutnya di sahkan oleh Kepala Desa Tebang Kacang. Proses pembentukan dan penguatan lembaga yang dilakukan oleh FasDes DPG-BRG & Kemitraan bersama Pemerintah Desa Tebang Kacang menggunakan metode musyawarah mufakat bersama peserta musyawarah.

Dari tiga kelompok masyarakat (Pokmas) yang dibentuk dan dikuatkan meliputi Masyarakat Peduli Api (MPA), pokmas ini dilakukan penguatan dengan menambahkan komposisi jumlah pengurus dan anggota.

Kemudian Kelompok Masyarakat Pemelihara Gambut (KMPG), juga melakukan penguatan dengan merevisi pengurus dan menambah komposisi jumlahnya. Selanjutnya Kelompok Jurnalis Warga (KJW) yang baru saja dibentuk bersamaan dengan MPA dan KMPG, turut serta di dalamnya.

Pembentukan dan penguatan tiga lembaga tersebut memiliki tujuan meningkatkan pelayanan dan tugas pemerintah desa. Sehingga kemudian dapat terjadi koordinasi yang baik antar warga dan pemerintah desa. Tentunya, hal itu meliputi beberapa sektor salah satunya program DPG-BRG & Kemitraan.

Sebagaimana harapan Kades Tebang Kacang, Sukar Yadi agar pokmas yang sudah dibentuk dan dilakukan penguatan, dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik tentunya bukan sekedar formalitas. (Fr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here