FasDes DPG BRG Kemitraan bentuk “KUA” Turba Suka Sejahtera

FasDes DPG BRG Kemitraan bentuk
Sebanyak 12 Ibu-ibu yang hadir didampingi oleh Kadus Turba, Bapak Abdul hadi, RW Hanafi, dan RT Syarifuddin. (Foto: Gharba.com/doc.net)

Gharba.com, Kalbar – FasDes DPG Kemitraan melakukan pertemuan dengan warga perempuan di Dusun Turba, Desa Tebang kacang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada, Selasa (4/2/2019).

Pertemuan itu dalam maksud memberikan edukasi seputar ekosistem gambut, pemberdayaan ekonomi warga (Revitalisasi), sekaligus pembentukan kelompok usaha wanita dengan nama yang sudah disepakati bersama, Kelompok Usaha Wanita (KUA) “Turba Suka Sejahtera”.

Pembentukan tersebut didasari oleh keinginan bersama baik pemilik produk warga, maupun Kadus Turba. Sehingga buah daripada diskusi yang sebelumnya dilakukan antar FasDes dan kadus muncul inisiasi untuk kemudian aktivitas para perempuan di Dusun Turba dapat didorong agar aktivitas yang produktif tersebut dapat berlangsung dengan baik, bermanfaat, banyak melibatkan tenaga kerja, memiliki nilai ekonomi yang baik, dan sustenable

Sebanyak 12 Ibu-ibu yang hadir  didampingi oleh Kadus Turba, Bapak Abdul hadi, RW Hanafi, dan RT Syarifuddin.
“Kami menyambut baik inisiasi dan terobosan tersebut sembari berharap agar terbosan cemerlang tersebut dapat betul-betul direalisasikan sehingga apa yang menjadi keinginan mereka untuk lebih sejahtera dapat terwujud,” tegasnya.

Sunanti (warga setempat) menambahkan, “Produk olahan pangan di Dusun Turba tersebut cukup sederhana, berbahan baku singkong diparut dengan alat khusus dan sederhana, diberikan bentuk bulat, diberi macam-macam warna, dikeriingkan lalu dijemur kemudian digoreng maka jadilah Kerupuk Ubi yang diberi nama kerupuk Ubi Sandora Rengginang”.

KUA Turba Suka Sejahtera tersebut akan dilengkapi dengan legalitas seperti SK disertai PerDes dari desa agar kemudian, dapat melakukan kerja sama dan atau dalam jangka waktu lama kedepan dapat terintegrasi dengan desa dan dapat bekerja sama dengan para pihak lainnya. (Solehuddin Assegaf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here