EMPAT KARAKTER PARA SAHABAT

EMPAT KARAKTER PARA SAHABAT
(Ilustrasi Foto: Gharba.con/doc.net)

Muhamad Kundarto
(Ketua Pusat Studi Lahan LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta
Dewan Riset Daerah Kabupaten Kendal)

Pertama,
Kita belajar tentang karakter welas asih, lembut dan super penyabar. Tipe ini biasa diperankan oleh para kyai, guru/pendidik dan orangtua asuh. Selalu sabar melayani semua orang yang berbeda-beda.

Kedua,
Kita belajar karakter yang keras hati, tegas, dan tanpa kompromi dalam menegakkan kebenaran. Tipe ini selaras dengan aparat, prajurit, penegak hukum, dll. Mereka ini diharapkan tidak mudah tergoda oleh rayuan apapun untuk melanggar aturan.

Ketiga,
Kita belajar tentang kedermawanan dari seorang pedagang yang tangguh. Tipe ini mirip dengan para pebisnis, jasa, dll dimana adan transaksi jual-beli dan share keuntungan. Terkadang pemberian tak harus mendapatkan kembalian dalam jalur yang sama.

Keempat,
Kita belajar sosok kecendekiawanan dan gudang ilmu, dibalus dengan kecerdasan dan kecerdikan. Tipe ini banyak digeluti oleh para pelajar, akademisi, kaum cendekia, dan orang yang terpacu selalu mencari ilmu sampai batas umurnya.

Karakter mana yang akan kita tiru? welas asih, tegas, dermawan dan atau intelektual? atau kombinasi dari keempatnya?

Sepertinya bisa meniru salah satu saja sudah bagus, apabila bisa meramu dari beberapa karakter itu. Namun ada baiknya kita berkaca diri, karakter lebih mirip yang mana. Dari situlah kita belajar hikmah, mencoba menyelaraskan pada contoh kebaikan demi kebaikan dalam mengisi waktu di dunia ini.

Padepokan Ki Asmoro Jiwo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here