Bawaslu DIY Temukan 10 WNA Masuk DPT

Bawaslu DIY Temukan 10 WNA Masuk DPT
(Ilustrasi Foto: GHARBA.com/dok.net)

Gharba.com, Yogyakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) temukan 10 warga negara asing ( WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) pada Pemilu 2019.

“Memang ada, sebagian kita ketemu, tetapi sebagian baru keluar kota. Kemarin tujuh orang, hari ini tambah satu jadi delapan WNA. Kalau semuanya yang di DIY jadi 10 WNA,” ujar Amir Nashirudin, Rabu (6/3)

Amir selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu DIY juga menerangkan 10 WNA itu berasal dari berbagai negara, diantaranya dari Belanda, Jepang, Malaysia, Amerika Serikat dan Belgia.

Diketahui, 10 WNA tersebut tersebar di beberapa kecamatan, termasuk delapan orang diketahui berada di Kabupaten Bantul.

Pihak Bawaslu sampai saat ini pun masih menelusuri data DPT yang ada di setiap kabupaten dan kota. Sebab, tidak menutup kemungkinan masih ada WNA yang masuk dalam daftar pemilih tetap.

“Kita masih akan melakukan kajian, apakah ini bagian dari pelanggaran administrasi atau ini cukup diselesaikan dengan saran perbaikan oleh Bawaslu ke KPU”

“Ini teman-teman masih di lapangan menelusuri DPT, menyisir apakah masih ada WNA yang masuk DPT. DPT seluruh DIY kan 2,7 juta cukup banyak, kita butuh waktu untuk menelusuri,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here