15 Camat Sulsel Dukung Jokowi, Gubernur Sulsel; PNS Harus Netral

15 Camat Sulsel Dukung Jokowi, Gubernur Sulsel; PNS Harus Netral
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, tanggapi soal dukungan PNS. (Foto: Gharba.com/dok.net)

Gharba.com, Sulsel – Gubernur Sulawesi selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, menanggapi persoalan 15 camat yang melakukan dukungan terhadap pasangan calon presiden Nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf. Dukungan tersebut lewat video yang berdurasi 1 menit 27 detik.

Seorang Apatur Sipil Negara (ASN) seharusnya tidak boleh mengikuti arus politik praktis. karena ASN merupakan tangan kanan dari negara. Apa lagi melakukan dukungan secara terang-terangan.

“Tidak boleh begitu, harus dipisahkan dukungan pribadi dengan dukungan organisasi. Kalau ASN, bagi saya tidak boleh. Camat ASN, jadi itu video dukungan tersebut tidak boleh,” kata Nurdin, Jum’at (22/2).

Video tersebut dilakukan dengan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL). Setelah mereka memperkenalkan satu persatu, para camat itu langsung mengatakan kalau dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan dukungan harga mati.

Dukungan tersebut sangat bertolak belakang. Khususnya dalam pasal 2 huruf f Undang-undang nomor 15 tahun 2015 tentang ASN, bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus bersikap netral dalam politik praktis.

“Saya Yakin Pak Jokowi bukan tipe orang yang memanfaatkan struktur orang di dalam perjuangan beliau. Saya sangat yakin seperti itu. Artinya, Slow aja, nanti orang jadi takut semua. Pelan-pelan saja,” tegas Nurdin.

Sementara itu, Sulsel merupakan percontahan zona hijau. Sedangkan tindakan yang seperti itu, justru jadi bumerang bagi Sulsel sendiri. “Jagan sampai tindakan-tidakan yang seperti itu bisa memancing sesuatu. Kita harus menghargai. Tugas Gubernur itu menjaga. Boleh kita mendukung tapi mendukung secara pribadi,” tegasnya.

Nurdin mengaku telah berkoordinasi dengan Makassar Muhamad Ramdan Pomando persoalan video itu. Hasil dari koordinasi itu lah yang akan dijadikan evaluasi untuk pejabat-pejabat Sulsel sendiri. (RF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here